Sabtu, 12 Januari 2008

Nikmat, Gurih dan Sedapnya Kuliner di Kotawaringin

Waktu berkunjung ke Sampit kemarin, maka saya tidak melupakan kuliner favorit saya, yaitu sebagai berikut :

1. Iwak Lawang Babanam, dagingnya gurih apalagi kalo dapat “maunjun” langsung di Sungai Mentaya.

2. Iwak Papuyu Babanam, Orang Jawa menyebutnya ikan Petok, durinya cukup tajam

3. Sambal Goreng Hantalu Iwak Biawan (Saat ini susah didapat di Sampit, terakhir saya nikmati Iwak Biawan di Palangkaraya tahun lalu, setelah 13 tahun tidak menikmatinya)

4. Gangan Asam Kepala Iwak Pipih (Kepala Iwak pipih bagian pipi memiliki serat daging yang khas, sedikit kenyal dan gurih)

5. Gangan Asam Patin (Salah satu varian gangan asam dengan bahan ikannya dari iwak patin)

6. Masak Habang Daging (Menu Khas Banjar atau Seluruh Kalimantan bagian Pesisir, biasanya ini disajikan menjadi menu utama saat lebaran idulfitri atau haji)

7. Masak Habang Ayam Kampung (Varian dari Masak Habang dengan bahan utama adalah ayam kampung, asal ayam kampungnya tidak tua biar dagingnya tidak liat dan bukan pula ayam “cuntanan”)

8. Masak Habang Iwak Haruan(Varian dari Masak Habang dengan bahan utama adalah Iwak Haruan atau Ikan Gabus, biasanya disajikan dengan nasi kuning)

9. Sop Kulat Bentilung (Kulat Bentilung strukturnya lebih lembut dan manis gurih dibandingkan Jamur produksi Dataran Tinggi Dieng, yang dijual di Carefour, Hero atau Alfa)

10. Iwak Saluang Bagoreng (Ini sudah diproduksi massal di Banjarmasin sebagai oleh-oleh dari Banjarmasin)

11. Oseng Kelakai (Ini adalah salah satu menu khas dayak. Kelakai adalah salah satu jenis tumbuhan paku yang ada di Kalimantan, nama latinnnya cari aja sendiri dengan Google, yang mengidap maag sebaiknya jangan konsumsi oseng kelakai karena kandungan gasnya tinggi, maaf “bikin sering buang angin dan bersendawa jadinya”)

12. Nasi Sop (Menu ini mirip soto di Jawa Timur, biasanya disajikan saat lebaran idulfitri dan haji)

13. Soto (Mirip Nasi Sop tapi menggunakan ketupat, Menu ini biasanya disajikan saat lebaran idulfitri dan haji)

14. Lontong (Hampir mirip dengan lontong sayur betawi, padang atau jawa tapi benar-benar dari lontong daun pisang bukan ketupat, ditambah lauknya masak habang daging atau iwak haruan)

15. Oseng Sulur, (Sulur adalah sejenis tunas keladi kecil)

16. Gangan Umbut Pekat (Ini juga menu Khas dayak, ada restoran di Palangkaraya yang menyajikan menu ini)

17. Gangan Umbut Nyiur (dibuat dari bagian dalam pohon nyiur atau kelapa yang muda. Biasanya disuguhkan menjelang acara dan pada saat acara pesta pernikahan di Kotawaringin, kemarin saya cicipi menu ini di Pesta Pernikahan Keluarga Besar Bapak Madjedi bin Filmansyah bin Usuf Lamak bin Datu SAMPIT, pengusung gerbong “Propinsi Kotawaringin”)

18. Gangan Umbut Rumbia (Salah satu varian gangan umbut selain umbut nyiur)

19. Tumis Udang wan Kanas(Dibuat dari udang dan potongan kanas, ditambah santan)

20. Gangan Balamak Kepala Iwak Karing Tenggiri(Mahampap), Santannya kental dan iwak karingnya asin banget dicampur dengan keladi, bagi pengidap kolesterol dan tekanan darah tinggi sebaiknya jangan konsumsi ini

21. Sop Iwak Kelabau (Iwak Kelabau Juga sudah susah didapat di Sampit, padahal dulu waktu “maunjun” tahun 80-an pas perpindahan pasang surut di Sungai Mentaya, suka dapat iwak ini nih)

22. Pajaan Iwak Jelawat(Bubuhan Hulu Sungai Banjar menyebutnya Iwak Wadi)

23. Karik Belungka Kuah Santan(Belungka atau timun yang diparut, ditaburi kuah santan dan irisan bawang merah)

24. Pakasam Samuda (Ini dia menu khas yang daerah lain di Kalimantan tidak ada, Pakasam terbuat dari udang-udang parit sangat kecil yang dikumpulkan, kemudian diawetkan dengan garam dan sedikit nasi. Setiap ke Sampit menu ini tidak terlewatkan oleh saya)

25. Cencalu (Terbuat dari udang kecil yang diawetkan juga, tapi menurut saya masih kalah sedap dibandingkan Pakasam)

26. Sambal Goreng Hati dan Paru Sapi (Ini kayanya sudah jadi menu nasional, daerah lainpun punya)

27. Opor Terong (Kayanya daerah lain juga punya menu ini)

28. Sambal Goreng Kerang Asam Manis (Kerang dari kotawaringin lebih gurih dari kerang di Muara Karang Jakarta, Pelabuhan Ratu Sukabumi, Pengandaran Ciamis, Semarang, Pantai Kenjeran Surabaya, atau pun di Anyer Banten, semua kerang dari daerah tersebut sudah saya cicipi semua)

29. Krupuk Udang Basirih (Krupuk udang Basirih lebih terasa bumbunya dibandingkan Krupuk Udang Produksi Sidoarjo, Jawa Timur yang dijual di Carefour, Hero atau Alfa)

30. Krupuk Pipih Kuala Pembuang (Aroma ikan pipihnya lebih terasa dibandingkan Krupuk Belida dari Palembang)

31. Amplang (Aroma ikannya lebih nikmat dari produksi Palembang dan Lampung yang disebut Kemplang)

32. Lempeng Pisang Campur Parutan Kelapa(Saya menyebutnya Pizza Sampit, terbuat dari potongan kecil-kecil pisang dicampur tepung dan parutan kelapa sedikit gula digoreng dengan lapisan daun pisang)

33. Putu Mayang (terbuang dari tepung beras ditambah kuah santan sama gula merah)

34. Kekicak(terbuat dari tepung beras ditambah parutan kelapa campur gulamerah)

35. Sambal Goreng Dami Tiwadak (Dami tiwadak adalah kulit tiwadak atau cempedak yang diasinkan atau diawetkan, bisa juga kulit tiwadak tersebut langsung digoreng, sedangkan tiwadaknya bisa diolah menjadi tiwadak goreng dan bijinya bisa direbus)

36. dan satu menu paling favorit, saya menyebutnya menu seorang Raja yaitu Sop Udang Galah. Bagi yang tidak jogging atau fitness minimal 3x seminggu sebaiknya jangan konsumsi ini, karena dijamin kadar kolesterol, asam urat dan gula darah bakalan naik

Jika anda menawarkan kepada saya menu-menu yang pernah saya nikmati di Hanamasa, Sizzler, Hartz Chiken Buffet, Domino Pizza, Pizza Hut, Mc D, KFC, DD, JC & Co, Café Wien, StarBucks café, BreadTalk atau menu di Hotel bintang 4 atau 5 seperti Grand Hyatt, Ibis, Sari Pan Pacific, Oasis Amir, Kartika Chandra, dibandingkan menu dari Kotawaringin tersebut, maka lidah saya akan memilih menu-menu dari Kotawaringin tersebut, karena lebih gurih dan nikmat, dan menu-menu di Kawasan Kalimantan umumnya bahan bakunya adalah ikan.

Bravo “Propinsi Kotawaringin”

1 komentar:

Spring A mengatakan...

wah, aku mengganang banar dengan menu-menu ini, tau gak dimana tempat beli udang galah segar di sampit agar bisa aku bawa ke jogja dalam 1 hari perjalanan udara. terima kasih.